Blog Post

Potensi Banjir, Warga Ketar-Ketir

Selain mengganggu aktifitas dan menenggelamkan rumah warga, banjir juga berdampak buruk pada kesehatan dan tidak sedikit menjadi sumber kematian. Air banjir yang membawa banyak wabah dan penyakit akibat meluapnya suangai sungai dan got-got yang kumuh.

Yang paling jelas terlihat dampak banjir adalah kelumpuhan aktifitas karena warga sulit keluar dari pengungsian. Korban banjir akan kesulitan dalam mendapat makanan dan pakaian karena rumah mereka terendam air.

Berikut ini 5 dampak berbahaya akibat Banjir

  1. Mematikan Aktifitas Warga

Banjir dengan kedalaman satu meter yang menenggelamkan rumah warga di suatu daerah pasti akan memaksa warga untut pindah ke tempat pengungsian yang aman dari banjir. Pakaian dan perabotan rumah yang hanyut terbawa air menimbulan kerugian bagi warga dalam keadaan sulit melakukan aktifitas kerja dan mendapatkan makanan.

Karena itulah di tempat pengungsian mereka sangat membutuhkan bantaun seperti makanan pokok dan pakaian ganti, terutama bagi anak-anak yang belum mampu hidup mandiri.

  1. Kerugian Ekonomi

Secara materi korban banjir akan banyak kehilangan barang perabotan bahkan rumah bisa rusak dan hanyut akibat diterjang arus. Selain itu mereka juga sulit bekerja untuk beberapa waktu sehingga mereka banyak kerugian yang besar dari segi ekonomi.

  1. Kesulitan Air Bersih

Ketika banjir hampir semua wilayah tergenang air kotor hal ini menyebabkan masayarakat sulit untuk mendapat air bersih. Untuk air minum biasanya menggunakan air golon atau isi ulang, sedangkan air untuk mandi cukup sulit yang memaksa pengungsi banjir menahan untuk tidak mandi karena keterbatasan air bersih.

  1. Timbulnya Penyakit

Air dari banjir yang kotor, kekurangan air bersih, dan banyak genangan sangat memicu wabah penyakit yang kerap di derita warga yang daerahnya kebanjiran. Terutama kalangan anak-anak dan lanjut usia yang rentan terserang penyakit seperti gatal, diare bahkan sampai demam berdarah.

  1. Korban yang meninggal

Di saat hujan deras dan air sungai meluap seringkali kejadian menyebabkan warga terseret arus hingga meninggal dunia.

Di musim penghujan, korban yang mengungsi sangat tidak bisa melakukan apa-apa karena keterbatasan sarana, sehingga mereka membutuhkan bantuan kemanusiaan dari pihak pemerintah dan donatur yang setidaknya bisa meringankan beban untuk makan, air dan pengobatan.

Mari bantu saudara-saudara kita. Kirim Donasi

Official Website: https://pemulihanlombok.com
Channel Telegram : http://t.me/programpedulilombok
Twitter : @lombok_peduli
#PeduliPemulihanLombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Suara Hati Pengungsi
Suara Hati Pengungsi

Bagi kami, taushiyah untuk sabar dan tegar adalah hadiah terindah saat tertimpa musibah… Benar, kami

Kondisi Pengungsian Saat Hujan Deras

💦 Kondisi pengungsian di Gunungsari Lombok Barat saat hujan deras kemarin (Ahad, 23 September