Blog Post

Ketika Hujan Inilah yang Mereka Rasakan

💦 Ya Allah permudahlah urusan mereka…

🍄 Lombok mulai hujan. Sebagian wilayah Lombok diguyur gerimis dalam rentang waktu yang relatif lama.

🌏 Dalam situasi kering yang memang dialami beberapa bulan ke belakang di sebagian besar wilayah Indonesia, hujan menjadi berkah.

💦 Tapi, di Lombok suasana sedikit berbeda. Hujan menambah kalut pikiran para pengungsi. Tenda yang terbuat dari terpal dan bambu seadanya membuat udara dingin sekaligus percikan air hujan tembus ke tempat berteduh mereka itu. Belum lagi tanah basah membuat alas tidur menjadi lembab.

🏡 “Kasur basah, selimut juga harus dibagi untuk berempat,” cerita ibu Syafia (60), warga Kampung Wadon, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

✅ Sejak guncangan gempa besar kedua yang menghantam Pulau Lombok, 5 Agustus 2018, sebagian besar warga masih tak berani untuk tinggal berlama-lama di dalam rumah. Apalagi membiarkan diri terlelap sepanjang malam.

🚑 Alhasil, mereka memilih bertahan di tenda-tenda seadanya yang dibangun di halaman rumah mereka. Pemandangan tenda-tenda seadanya pun lumrah di sepanjang jalan-jalan utama Mataram.

📬 Warga yang rumahnya hancur sedang hingga berat lebih menderita. Sudah habis harta bendanya, kehidupan di tenda pengungsian juga harus dibagi dengan keluarga lain.

📚 Syafia adalah salah satu dari ribuan warga di Gunung Sari yang rumahnya hancur sebagian. Separuh dari atap rumahnya roboh, kaca-kaca jendelanya sudah menjadi puing bersama batu bata yang sebelumnya menjadi bahan fondasi untuk dinding rumah.

🚘 Ibu lima anak itu juga tak punya pilihan untuk mengungsi di tempat lain. Tiga anaknya sudah menikah dan merantau di pulau lain, sementara dua lainnya masih sekolah.

✅ Syafia punya keluarga lain di Lombok. Tapi kondisinya tak lebih baik, sebab saudaranya itu tinggal di Lombok Utara, daerah yang paling terdampak gempa.

💦 “Buntu sudah pikiran. Betah gak betah ya di sini. Mau diapain lagi,” keluhnya.

✍ Allahul musta’an…

Official Website: https://pemulihanlombok.com
Channel Telegram : http://t.me/programpedulilombok
Twitter : @lombok_peduli
#PeduliPemulihanLombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

taawun
Taawun Gempa Lombok

Bismillah. Alhamdulillah taawun donasi untuk gempa NTB per Senin 6 Muharram 1440 H / 17

Huntara Perngungsi
Kondisi Lombok Terkini

Berikut update kondisi Lombok terkini pasca Gempa. Puing-Puing Bangunan Masjid Rusak… Masjid darurat di Dusun Panyambuan, di

Kondisi Pengungsian Saat Hujan Deras

💦 Kondisi pengungsian di Gunungsari Lombok Barat saat hujan deras kemarin (Ahad, 23 September